Selasa, 08 Oktober 2024

Bawaslu Gandeng Wartawan Cegah Penyebaran Hoaks Jelang Pilkada 2024


SABAKUDPATE.COM, MUARASABAK
- Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu mendorong pencerahan dan penyebaran Hoaks dan disinformasi, hal tersebut bertujuan mewujudkan Pemilu Tahun 2024 yang bebas dari Hoaks, ujaran kebencian dan disinformasi.  pencegahan berita Hoaks pada Pilkada serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tanjabtim menggandeng pers


"Kemudian Rapat Koordinasi ini bertajuk Pengawasan pencegahan berita hoaks  bersama pers dalam pemilihan serentak Tahun 2024, Bawaslu mengundang Organisasi Pers se Kabupaten Tanjabtim, seperti Ikatan Wartawan Online (IWO), Aliansi Jurnalis Tanjabtim (AJT), Forum Komunikasi Wartawan (FKWT) Himpunan Wartawan Daerah (Hiwada), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) bertempat di Aula Hotel Ratu, Kelurahan Rano, Kecamatan Muara Sabak Barat  Tanjab Timur,  Selasa (8/10) pagi


Dalam Rapat Koordinasi tutut hadir, sebagai narasumber.  Kasat Intel Polres Tanjab Timur, Iptu Rino Masjaya, SH. Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tanjab Timur, Rahmad Abdul, SH. KBO Reskrim Iptu Roni Malantika, SH,


Pada kesempatan itu, Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Nurdin, S.E menyampaikan dimana forum ini digelar bertujuan meminimalisir yang mana terdapat Isu – Isu berita yang tidak bisa dipertangungjawabkan selama Pilkada serentak Tahun 2024 ini, diharapkan rekan Pers tidak memfollow up berita tersebut. Ada baiknya disampaikan kepada Publik kebenarannya.


"Kalau Rekan Pers mengonsumsi berita – berita yang tidak benar, itu bisa membuat repot Jajaran Polres dan Kejari dalam menciptakan suasana Kondusif dalam Pilkada 2024 ini," ungkap Nurdin


Maka dari itu, Dalam kegiatan ini Bawaslu mendatangkan nara sumber dari Polres Tanjabtim dan Kejaksaan. Di forum ini kita nanti mencoba melihat potensi – potensi kerawanan terkait pemberitaan – pemberitaan di media itu seperti apa.


"Besar harapan saya kepada Sahabat – Sahabat Saya Insan Pers Pilkada ini dapat Kondusif," ucapnya.


Pada Kesempatan itu, Syakur Rahman, S.Pd salah satu unsur Pimpinan Bawaslu Tanjabtim menambahkan, dimana suksesnya Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024 ini ada beberapa faktor. Pertama faktor pemilih yang cerdas. Disini Cerdas dalam arti, Cerdas dalam menentukan sikap dan pilihan.


"Yang sama – sama kita ketahui, Calon Kepala Daerah di Tanjabtim ini hanya ada dua pasang. Maka dari itu, hargailah perbedaan pilihan. Intinya tujuan Calon sama untuk kemajuan Daerah yang tercinta,  baik di Kabupaten Tanjabtim maupun di Provinsi Jambi," imbau Sakur.


Tentunya untuk mensukseskan Pilkada ini Insan pers sangat mendukung. Hal itu dikarenakan keterbatasan Bawaslu sebagai pengawas. Maka dari itu diharapkan Insan pers menjadi penyambung informasi – informasi faktual bagian dari Kita bersama dalam menciptakan Pilkada serentak Tahun 2024 yang aman, damai dan terbit.


"Informasi – Informasi inilah nantinya dapat di konsumsi Publik dengan baik, demi suksesnya Pilkada yang Damai, Aman dan Tertib," ungkap Sakur.


Lanjut masyarakat jangan asal share (berbagi) informasi yang diterima, jangan sampai nanti kena pasal pidana nanti. Cermati dan pahami sebelum meng shere berita.

Sementara Nara Sumber memberikan materi teknis seputar Larangan, Himbauan dan ajakan dalam mensukseskan Pilkada serentak ini. Sekaligus tanya jawab antara peserta sama Nara sumber.(***)