Kamis, 13 Juni 2024

Desa Pandan Sejahtera Bangun 4 Fisik TA 2024


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
- Kepala Desa Pandan Sejahtera kecamatan Geragai kabupaten Tanjabtim, tahun ini melaksanakan pembangunan gedung Kantor Desa berkelanjutan, gedung TBM, penambahan gedung dan timbunan Paud Lestari sebagai upaya peningkatan kinerja dalam melaksanakan tugas.


Selain itu pula melalui beberapa sumber dana yang ada, program pembangunan tahun 2024, kades Purwadi juga melakukan pembersihan Kanal Parit, Box Colfert serta ketahanan pangan, yang berkaitan dengan kesehatan dan stunting.


"Jadi untuk tahun ini pembangunan dapat dikatagorikan peningkatan kinerja dalam pelaksanaan tugas, dan sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan dan stunting," kata Puwardi Kades Pandan Sejahtera.



Kegiatan ini dilaksanakan melalui rencana pembangunan anggaran Dana Desa dari berbagai sumber Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp 1.779.834.449 yang diperuntukkan untuk gaji kades dan perangkat Desa, juga dipergunakan untuk program pembangunan desa. Selain itu pula terdapat pembiayaan penerimaan dana Silpa Rp 134.496.222.


"Saat ini ditahap pertama, kami melaksanakan pembangunan kantor desa yang berkelanjutan dan pembangunan Gedung TBM," sebutnya.


Hal ini dipandang perlu dalam mengoptimalkan pembangunan dan kinerja, baik perangkat desa maupun di TBM. Kemudian ditahap berikutnya baru akan melaksanakan program yang lainnya.


Dari beberapa program yang telah ditetapkan melalui Musrenbangdes, dari aparat desa akan fokus melaksanakan beberapa program tahun ini, jadi program yang telah dirumuskan ini akan menyentuh terhadap pelayanan masyarakat baik secara langsung ataupun tidak langsung.



"Jadi semua program yang telah ditetapkan, baik pembangunan Gedung maupun pembersihan Kanal Parit, box Colfert dan ketahanan pangan, itu bersentuhan langsung dengan masyarakat kami," jelasnya.


Sebagai aparatur desa, pihaknya berharap semua program yang telah ditetapkan tahun ini dapat dilaksanakan secara baik oleh TPK desa. Namun untuk pembangunan kantor desa akan dilaksanakan secara bertahap, mengingat program lain harus kami laksanakan juga. Imbuhnya.


"Untuk itu kami berharap, kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan dan menjaga semua pembangunan yang telah kami laksanakan selama ini, demi untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri," harapnya.(mjs)