Rabu, 12 Juni 2024

Bupati Tanjabtim Terima Penghargaan dari Beacukai Jambi


SABAKUPDATE.COM, KOTAJAMBI
– Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE dapat penghargaan Beacukai Award dari Beacukai Provinsi Jambi,di Aula KPPBC TMP, Rabu (12/6).


Penghargaan yang diberikan langsung oleh Kepala Beacukai Provinsi Jambi, Wijang Abdilah tersebut atas kontribusi dan dukungan Bupati Tanjabtim terhadap pengembangan ekspor di Provinsi Jambi.


Pengembangan ekspor yang dimaksud adalah wujud nyata yang dilaksanakan Bupati Tanjabtim dalam mewujudkan pengembangan ekspor buah kelapa dalam dari Kecamatan Nipah Panjang menuju Batu Pahat, Malaysia.


Sebelumnya, ekspor kelapa dalam tersebut bermula dari Nipah Panjang menuju Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau baru menuju Batu Pahat Malaysia yang pastinya catatan ekspor masuk ke Provinsi Riau.


Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE mengatakan, bahwa kegiatan ekspor yang dilaksankan  dari Kecamatan Nipah Panjang menuju Batu Pahat Malaysia, di mulai dari bulan Juni 2023 lalu volume ekspornya sangat baik.


"Di tahun 2023 saja devisa ekspor yang dimaksud lebih dari 86 Miliar, dan untuk periode tahun 2024 sampai bulan April ini saja devisa sudah mencapai 56 Miliar. Artinya, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim sangat serius dalam melakukan ekspor dari Tanjabtim," kata romi.


Bentuk nyata kolaborasi antara Pemkab Tanjabtim dengan stakeholder lainnya seperti Beacukai, Imigrasi, pelabuhan dan mitra usaha pelayaran pelabuhan merupakan bentuk yang dinamakan desa ekspor. 


"Hal ini sudah dirintis dari tahun 2023 lalu yang saat ini sudah menjadi ikon bagi pengembangan pengembangan ekspor di wilayah wilayah lainnya," tutupnya.(mln)